Cara Menyimpan File Online Yang Aman

Calendar-Icon Kamis, 22 Mei 2014

Google Drive Icon Pernahkah agan-agan sekalian merasakan kekecewaan yang dalam ketika kita temui file penting yang kita upload atau simpan di situs hosting penyimpanan telah dihapus? bahkan terkadang akun yang telah kita daftarkan pun ikut di hapus.. dengan alasan tidak login selama beberapa waktu di situs tersebut dan lain sebagainya. Saya pun pernah merasakan hal tersebut.

Namun kini telah ada alternatif tempat penyimpanan file-file penting kita secara permanen dan tidak akan pernah terhapus.

Yak, kita gunakan GOOGLE DRIVE. Disini google drive memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB per-akun. Tidak terlalu besar memang. Tapi keamanan dan kemudahan mengaksesnya terjamin. Dan itu cukup untuk menyimpan file-file kita dengan cara memilih file yang kita anggap paling penting yang kita punyai.

Google Drive

Bagaimana Caranya?
Kita harus mempunyai akun email G-mail (Google Mail). Registrasi nya cukup mudah, buka www.google.com Kemudian klik menu Gmail di menubar atas halaman google [Lihat gambar nomor 1], lalu klik daftar.

Setelah akun Gmail sudah siap. klik Drive di menubar atas [Lihat gambar nomor 2].
Kemudian Klik gambar nomor 3 pilih file yang akan di simpan di google drive.

Setelah selesai uploading, jangan lupa klik bagikan, ubah file dari status pribadi menjadi status publik di web. untuk apa? itu kita lakukan jika kita ingin membagi-bagikan file tersebut kepada orang lain dengan direct link download. Namun jika file itu rahasia atau untuk kita pribadi biarkan statusnya pribadi..

Login Google Drive

Cara membuat direct linknya:
Setiap file yang kita upload, akan mempunyai link sharing masing-masing.
seperti ini contoh linknya:
https://docs.google.com/file/d/0B-jfmt8JIoIvZkFKaFpSeWFLUzg/edit?usp=sharing

Copy link tersebut kemudian buka https://sites.google.com/site/gdocs2direct/
lalu pastekan di kotak Enter your sharing URL dan klik Create direct link
pada kotak di bawahnya akan muncul link direct nya, silahkan di pasang dimana saja di blog agan-agan tentunya untuk berbagi file tersebut kepada orang lain dengan direct link.

Catatan: Direct link tidak akan bekerja jika file yang kita upload terlalu besar atau lebih dari 25 MB. Namun tetap bisa didownload dengan lancar hanya saja link tersebut akan membuka terlebih dahulu halaman google downloadnya.

Sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi mencari tempat upload file secara online dan aman..

Devinster Signature
Kategori: ,

BACA JUGA

Comments
1 Comments

1 komentar :

.